Cinta Sejati

Sebelum kita mengetahui tentang arti cinta sejati, terlebih dahulu sobat harus mengetahui  tentang kesadaran, maksudnya bagaimana kita menjadi orang yang sadar, tidak terus-menerus tidur, larut dan terjebak oleh ilusi dalam menjalani hidup ini. Hal tersebut dijelaskan oleh Anthony de Mello, S.J., dalam bukunya yang berjudul "AWARENESS".
 
Dalam buku tersebut, dijelaskan secara mendalam, menyentuh hal-hal yang sangat mendasar tentang "jati diri manusia". Kadang saking mendalamnya, penjelasannya sulit untuk dipahami. Namun kadang jika kita memahami sesuatu hal (tentang diri kita) dalam buku ini, kita sering berseru dalam hati, "Wow ini luar biasa!"

Berikut salah satu bahasan dalam buku ini yang bisa kita jadikan bahan renungan. 
"Bila anda menggantungkan kebahagiaan anda kepada orang lain, hal berikutnya yang akan anda lakukan, baik secara sadar maupun tidak sadar adalah MENUNTUT orang lain melakukan sesuatu untuk kebahagiaan anda. Akibat berikutnya akan muncul rasa takut: takut kehilangan, takut terasing, takut penolakan, saling menguasai. CINTA SEJATI menyingkirkan rasa takut. Bila ada cinta maka tidak ada keharusan, tidak ada tuntutan, tidak ada ketergantungan. Saya tidak menuntut anda untuk berbuat sesuatu demi kebahagiaan saya; kebahagiaan saya tidak terletak dalam diri anda. Bila suatu saat anda meninggalkan saya, saya tidak akan menyesali diri saya; saya sangat menikmati kebersamaan dengan anda, tetapi saya tidak menggantungkan diri saya kepada anda."

Saya masih belum memahami dengan baik makna uraian di atas. Saya juga masih sulit memahami kalimat berikut, "CINTA SEJATI menyingkirkan rasa takut. Bila ada cinta maka tidak ada keharusan, tidak ada tuntutan, tidak ada ketergantungan."

Mungkin rekan-rekan sekalian bisa lebih memahami, menjelaskan, menafsirkan makna mendalam dari kutipan di atas. Pemahaman rekan-rekan akan sangat membantu kita untuk lebih memahaminya. Karena kita ingin menjadi orang yang SADAR dalam menjalani kehidupan yang sangat berharga ini.

Untuk memperjelas arti cinta sejati, sobat teruskan baca ini :

Apakah cinta sejati itu?
Tahukah kamu, apakah cinta sejati itu?
Cinta sejati bukanlah ingin memiliki
Cinta sejati bukan pula nafsu untuk menguasai
Apalagi memanfaatkan

Cinta sejati ialah kerelaan memberi, tanpa ingin dibalas
Cinta sejati itu berkorban, tanpa mengharap imbalan
Cinta sejati adalah menjaga, agar yang dicintai tetap dalam kebaikan
Cinta sejati itu tekad melindungi, menjaga, mengasihi, memberi, berkorban
Meski jiwa, maupun nyawa
Demi kemuliaannya

Dan di antara cinta sejati itu ... ada cinta yang menjadi penghulu segala cinta sejati
Sebuah cinta sejati yang benar-benar sejati
Cinta sejati yang hakiki
Apakah cinta yang hakiki itu?
Tahukah kamu apakah cinta yang hakiki itu?
Cintamu kepada Rabb-mu.
[Herwening, Jan '08]
Moga sobat semakin mengerti dan segera mendapatkan cinta sejatinya. :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Zona Muda Copyright © 2009-2011 by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts