Cara Mengatasi Pusing

Gak tau ah, pusing tau.. Aku pusing, pikir aja sendiri..  Kebanyakan masalah, jadi pusing.. Banyak sekali ungkapan-ungkapan keluhan kita bila kita sedang terserang yang namanya pusing. Pusing bisa disebabkan banyak hal. Akan tetapi, secara garis besar pusing dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu pusing yang timbul sebagai adanya kelainan dari otak, dan pusing yang disebabkan kelainan pada telinga. Pada telinga bagian dalam yang mengatur keseimbangan dalam tubuh kita.

Perlu diwaspadai, bahwa pusing bukanlah hal yang sepele. Bahwa pusing dapat mengakibatkan aktivitas kita akan terganggu, makan tak enak dan tidur tak nyenyak, pokoknya mengganggu deh. Pusing juga dapat membuat kondisi saat penderita merasa segala obyek yang ada didepan matanya berputar-putar dan bila kita pusing kita akan merasa berjalan diatas awan, tubuhnya ringan dan tentunya tubuh tidak stabil 100%.

Kebanyakan pada diri kita bila terserang pusing pasti mengkonsumsi obat guna meredakan rasa sakit, padahal obat hanyalah sementara dalam membantu menghilangkan pusing, tentunya kalo obat yang mengandung bahan kimia dikonsumsi secara kontinuitas, pasti juga tidak baik bagi tubuh kita. Nah, cara mengatasi pusing dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
 

Istirahat sejenak (short break). Bila kita sedang beraktivitas apapun, baik itu sifatnya ringan maupun berat, dan dimanapun juga kita berada, cobalah untuk beristirahat sejenak. Hal ini bisa dilakukan dengan keluar dari ruangan, berjalan-jalan santai, menghirup udara segar dan tersenyum. Mengapa harus tersenyum? Sebab senyum dapat melonggarkan dan melancarkan aliran darah kita, kalo tidak percaya, bandingkan bila kita sedang senyum dan maraha. Apa yang kita rasakan? Kalo marah tentunya kita semakin merasakan rasa pusing itu, cenat cenut gak karuan.
 

Lakukan relaksasi (do relaxation). Disini kita bisa duduk atau tidur dalam posisi bebas, santai, jangan kaku. Lebih efektif lagi bila kita sambil memutar musik yang lembut didengar, asalkan jangan nge rock lho ya, apalagi disko, bisa gedek-gedek ini kepala, hehee.. Dengarkan musiknya, pejamkan mata, bisa juga sambil membayangkan wajah pacar kita yang cakep. Lakukan selama 20 menit, pokoknya jangan lama-lama. Lakukan relaksasi di ruang gelap (bukan di gedung bioskop lho ya.. :)), suasana tenang atau pencahayaan yang minimal (remang-remang). 


Lakukan pengompresan (do compressing). Cobalah taruh handuk hangat di tempat nyeri, selain mengkompress bisa juga mandi dengan air hangat dan rendam kaki dengan air hangat pake garam untuk melancarkan peredaran darah.

Terapi Pijat (massage therapy). Pijat wajah, kepala, bahu dan punggung agar otot-otot lebih rileks. Tekuk pelan-pelan kepala kearah kanan dan ke kiri. Untuk yang cenderung darah tinggi (tensi selalu tinggi) leher jangan dipijat, bisa dengan terapi air hangat atau minum cincau 1 gelas perhari atau makan bawang putih kalau bisa bawang lanau 1×3 sehari.
 

Kendalikan emosi (control emotions). Sebisa mungkin hindarilah hal-hal yang berpotensi mendatangkan stress. Jangan cari gara-gara, jangan suka usil dan jangan bermain api (cinta) bila kita tak ingin terbakar. Jadi kepandaian membagi beban dan selalu berdoa pada Nya dalam segala masalah dalam hidup ini sesuai keyakinan anda masing-masing. Syukurilah apa yang ada, hidup adalah anugerah. oke
 

Gaya Hidup Sehat (healthy lifestyle). Ganti gaya hidup anda dengan mengatur pola makan yang sehat. Batasi konsumsi kafein dan gula. Jika memang terbiasa minum kopi atau teh manis usahakan maksimal 1-2 cangkir sehari, dan perbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari. Hentikan merokok dan olahraga lah yang taratur.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Zona Muda Copyright © 2009-2011 by Ipietoon Sponsored by Dezigntuts